Kue Cubit

Kue Cubit, Sebelum masuk ke dalam resep kue cubit Kue cubit yang terkenal lembut dan legit, seyogyanya perlu kita pahami terlebih dahulu mengenai asalmula atau daerah penghasil jajanan manis ini. Kue cabit merupakan salah satu jajanan yang begitu populer di Ibu Kota Jakarta. Kue ini memiliki ukuran yang kecil, yaitu berdiameter sekitar 4 cm dan biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima.
Bahan dasar pembuatan kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak. Sedangkan untuk penamaannya “kue cubit” ini dikarenakan saat kue ini telah  matang diambil dan dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit, oleh karena itu kue yang populer di Jakarta ini dinamai dengan istilah kue cubit.
Kue Cubit Enak





Adapun mengenai resep pembuatan kue cubit akan dijelaskan sebagai berikut:

Kue Cubit
Mengenai resep pembuatan kue cubit sebenarnya tergantung dari variasi yang diinginkan oleh seseorang, hal ini dikarenakan ada banyak macam bentuk dari jajanan ini, antara lain seperti:
Adapun bahan yang umum dibutuhkan dalam pembuatan kue ini diantaranya:
Bahan-bahan adonan dasar kue cubit :

  • 3 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 1 bungkus vanili bubuk
  •  ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • Keju parut dan coklat meses secukupnya
Sedangkan langkah-langkah pembuatan Kue Cubit adalah:

  1. Siapkan terlebih dahulu wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut.
  2. Kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit secara perlahan dan aduk hingga rata.
  3. Tuang margarin cair, aduk secara merata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan kue cubit.
  4. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
  5. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan dan jika memiliki sisa keju parut dan di taburi di atas kue cubit supaya lebih enak.
  6. Kue cubit siap dihidangkan.

Kue Cubit, Resep ini sangat cocok untuk ibu-ibu di rumah untuk mengisi waktu luang di dapur dan cocok juga untuk dihidangkan dengan minuman hangat seperti secangkir kopi ataupun teh hangat. Selain itu, para ibu-ibu juga bisa menambahkan kreasinya masing-masing pada atas kue sesuai dengan selera masing-masing, seperti dengan menambahkan nangka, coklat, parutan keju ataupun mesis sesuai dengan resep kue cubit yang ibu-ibu hendaki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat amiiin :)

Jangan lupa kunjungi juga blog kami Resep Masakan Nusantara untuk menambah wawasan kita tentang ragam masakan nusantara, sekian dan sampai jumpa.

0 Response to "Kue Cubit"

Post a Comment

wdcfawqafwef