Cara Membuat Telur Asin

Cara Membuat Telur Asin, masyarakat Indonesia pasti kenal dengan makanan yang satu ini. Telor asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan atau diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak pada telor. Kebanyakan telor yang digunakan dalam membuat telur asin adalah telur itik, sedangkan untuk jenis bebeknya yang biasa digunakan adalah telur dari jenis bebek pelari.

Telur asin adalah sejenis masakan yang enak gurih, bisa digunakan untuk tambahan lauk atau bisa juga dimakan sebagai camilan tergantung selera dari pemakannya karena pada dasarnya telur asin adalah sejenis jajanan yang sederhana.


Telur Asin Gurih

Baik dari kalangan anak-anak, remaja, sampai dengan orang tua di Indonesia pasti mengenal jajanan ini, karena telur asin dikenal sangat gurih serta ada rasa asinnya yang membuatnya beda dengan telur pada umumnya.

Cara Membuat Telur Asin

Setelah kita membaca sekilas tentang Cara Membuat Telur Asin di atas, mari kita berlanjut pada proses bagaimana telur asin itu dibuat dan apa saja bahan-bahan yang diperlukan da;am pembuatan telur asin ini. Jika dilihat dari segi proses mungkin memang cukup dibutuhkan keuletan dalam pembuatan telur asin yang enak dan gurih, hal ini dikarenakan membuat telur menjadi asin mebutuhkan proses yang bertahap.

Meskipun demikian, rasa lelah atau kesabaran kita pasti terbayarkan dengan rasa telur yang kita buat nanti. Berikut admin bagikan tips dan cara untuk membuat telur asin yang enak dan gurih. Adapun Cara Membuat Telur Asin yang enak dan gurih ada bermacam-macam, antara lain yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Cara Pertama 

Pada dasarnya ada banyak cara untuk bisa membuat telur asin. Ibu-ibu di rumah bisa memilih sendiri mana cara yang dirasa lebih mudah dan sanggup untuk dikerjakan.
Cara pertama yang bisa admin bagikan ini mungkin cukup sederhana, akan tetapi hasil telurnya cukup masir atau enak. Berikut mari kita pelajari bersama serta apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat telur asin: 
  • Telur bebek yang masih bagus antara 10 butir sampai 30 butir., dan sebaiknya gunakan telur dengan usia 1 sampai 2 hari agar hasilnya juga bagus.
  • Garam dapur sebanyak 500 gram. Bisa juga kita menggunakan garam krosok atau garam kotak.
  • Air bersih sebanyak 1.5 sampai 2 liter.
  • Stoples kaca atau plastik dengan penutup rapat, atau bisa juga dengan menggunakan ember jika ingin dengan catatan pastikan ember tersebut memiliki penutup.
Setelah semua bahan seperti yang ada di ats siap tersedia, kita akan berlanjut pada langkah-langkah sebagai berikut: 
  1. Pertama, rendamlah telur bebek ke dalam wadah berisi air. Pilih telur yang tenggelam dan buang telur yang melayang sebab itu pertanda telur tidak layak untuk olah.
  2. Setelah itu, bersihkan kulit telur dengan cara digosok untuk menghilangkan kotoran serta untuk membuka pori-pori telur.
  3. Setelah semua telur bersih, tiriskanlah telur dan simpan dalam wadah.
  4. Selanjutnya, buatlah larutan perendam berupa campuran air dengan garam. Pelarutan ini bisa menggunakan air dingin. Apabila Anda memakai air panas, maka sebaiknya tunggu air larutan garam dingin sebelum digunakan.
  5. Setelah larutan air garam sebagaimana di atas telah siap, tuanglah masuk ke dalam wadah tempat menyimpan telur yang telah dibersihkan tadi dan pastikan larutan merendam telur secara sempurna atau merata.
  6. Lama perendaman telu asin adalah 12 hari.
  7. Dengan durasi yang cukup lama ini, kita kan bisa mendapatkan telur asin yang masir. Namun agar lebih awet dan asin, kadang orang merendam sampai 3 minggu lamanya dan bisa kita sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara Kedua 

Adapun cara membuat telur asin sebagaimana di atas biasanya dikenal dengan cara basah. Selain itu, ada juga cara membuat telur asin sebagai berikut beserta bahan yang dibutuhkan: 
  • Telur bebek kualitas terbaik sebanyak 10 butir.
  • Abu gosok sebanyak 200 gram.
  • Bubuk bata merah yang diremukkan sebanyak 800 gram.
  • Lumpur sebanyak 1000 gram.
  • Garam dapur sebanyak 900 gram.
  • Air bersih secukupnya.
Selain itu, alat yang kita butuhkan antara lain: 
  • Ember plastik 1 buah.
  • Kuali tanah sebanyak 1 buah.
  • Tampah serta alat pengaduk.
  • Wadah untuk menyimpan telur.
Setelah bahan dan alat tersedia sebagaimana di atas, kita berlanjut pada proses pembuatan telur asin enak, langkah-langkah yang perlu kita lakukan ialah sebagai berikut: 
  1. Cuci bersih telur dan gosok kulitnya agar kotoran hilang dan pori-porinya terbuka sebagaiaman keterangan sebelumnya,
  2. Kemudia, buatlah adonan dengan cara mencampurkan lumpur dan garam yang telah disediakan dengan perbandingan 4 : 1.
  3. Selain itu, kita juga bisa membuat adonan dari abu gosok dengan campuran batu merah bersama dengan garam dengan perbandingan 2 : 2 : 3.
  4. Tambahkanlah sedikit air pada adonan agar bisa menyerupai pasta.
  5. Selanjutnya, bungkusl telur bebek yang telah disediakan sebelumnya menggunakan adonan, dengan ketebalannya kira-kira 1 cm.
  6. Serta agar adonan tidak lepas dari kulit telur, bisa kita membungkusnya kembali dengan plastik.
  7. Simpanlah telur yang sudah ditutup tersebut ke dalam kuali kurang lebih selama 15 hari.
  8. Selanjutnya, ambil telur dan buanglah adonan yang menempel pada kulitnya.
  9. Kemudian rebus sampai matang.
  10. Telur asin enak gurih siap dihidangkan.
Selain dengan mempelajari Cara Membuat Telur Asin ibu-ibu di rumah juga bisa melihat video cara membuat telur asin enak sebagai berikut yang admin bagikan.

Video Cara Membuat Telur Asin Enak

Cukup mudah kan ibu-ibu di rumah? butuh proses waktu yang mungkin cukup lama serta keuletan, akan tetapi semua pasti tidak ada harganya dibandingkan kepuasan yang akan kita peroleh. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat amiiiin.

Jangan lupa juga kunjungi blog kami Ragam Masakan Nusantara untuk menambah wawasan kita tentang kuliner Indonesia. Sekian terimakasi dan sampai jumpa di resep-resep kuliner selanjutnya.

0 Response to "Cara Membuat Telur Asin"

Post a Comment

wdcfawqafwef