Cara Membuat Donat Enak

Bagi para pecinta kuliner baik itu orang dalam negeri maupun luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Donut atau doughnuts adalah sejenis makanan/ jajanan yang dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega, yang kemudian digoreng untuk pematangannya. Donat yang paling umum di masyarakat Indonesia adalah donat yang berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya dan donat yang berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, coklat, jelly, krim, dan lain-lainnya.

Mengenai asal-usul donat, masih ada perdebaan dari mana asalnya di kalangan pecinta kuliner, ada yang mengatakan bahwa donat berasal dari Belanda yang kemudia dibawa ke Amerika Utara untuk dipopulerkan sebagai hidangan penutup seperti jajanan lainnya. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa bentuk melingkar pada donat adalah berasal dari kapten kapal asal Denmark yang bernama Hanson Gregory.
Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.


Resep Donat Enak Mudah

Cara Membuat Donat Enak

Itu lah sekilas penjelasan tentang asal-usul kue donat, belum diketahui pasti kebenarannya dari mana asal jajanan tersebut, tapi yang pasti kue ini begitu populer di kalangan masyarakat dunia baik kalangan anak-anak, remaja, juga orang dewasa karena cita rasa donat yang terkenal enak manis.

Resep Donat Enak

Setelah kita pahami sekilas tentang sejarah donat, mari kita belajar bersama bagaimana resep atau Cara Membuat Donat Enak. Seperti halnya jajanan penutup pada umumnya, donat tidak begitu sulit membuatnya, hanya saja mesti tekun dan sabar karena melalui beberapa proses. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat donat yang enak ialah menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya, setelah itu berlanjut pada langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat donat yang enak.
Berikut admin bagikan tips dan resep untuk membuat donat yang enak dan mudah.

Bahan :
  • 200 cc air putih
  • 1/2 Kg tepung terigu
  •  sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan susu bubuk/susu kental
  • 1/2 bungkus ragi instan 11 gram
  • 3 sendok makan mentega
  • 2 sendok teh garam
  • 2 butir telur ayam

Langkah-langkah Pembuatannya :
  1. Kocok terlebih dahulu 2 butir telur dengan sendok.
  2. Masukkan gula pasir, garam, susu, mentega dan tepung terigu menjadi satu kemudian aduk hingga merata.
  3. Setelah itu, campurkan ragi ke dalam air putih, aduk-aduk hingga merata.
  4. Masukkan air yang bercampu ragi tersebut ke dalam adonan tepung terigu, gula, garam dan lain-lain di atas.
  5. Uleni hingga adonan menjadi kalis dan diamkan dalam wadah tertutup sampai dengan 20 menit kira-kira hingga adonan mengembang.
  6. Ambil adonan 1 sendok makan kemudian  bulatkan.
  7. Simpan ke dalam wadah yang telah ditaburi dengan tepung terigu sebelumnya dengan tujuan untuk menghindari adonan menjadi lengket dan menempel dengan bentuk yang lainnya.
  8. Lakukan cara tersebut hingga donan habis dan kemudian diamkan selama 20 mebit hingga bulatan adonan terlihat mengembang.
  9. Selanjutnya panaskan minyak goreng untuk persiapan menggoreng donat.
  10. Lubangi tengah adonan tersebut sehingga berbentuk menyerupai cincin.
  11. Goreng dengan api kecil dan tunggu hingga warna berubah menjadi kecoklatan, kemudian angkat dan diamkan donat hingga dingin.
  12. Setelah selai menggoreng, taburi donat dengan gula halus, mesis, keju, atau sesuai dengan selera anda.
  13. Donat super enak siap untuk dihidangkan.
Cukup mudah bukan?? Mungkin Cara Membuat Donat Enak agak sedikit lama karena prosesnya agak sedikit panjang namun pasti terbayarkan dengan rasa donat yang enak tentunya. Demikian tips dan resep donat enak yang dapat admin bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat amiiiin :)

Selain Cara Membuat Donat Enak, kunjungi juga blog kami Ragam Masakan Nusantara untuk menambah wawasan ibu-ibu di rumah semua tentang masakan kuliner Indonesia, sekian dan terimakasih.

0 Response to "Cara Membuat Donat Enak"

Post a Comment

wdcfawqafwef