Resep Ayam Asam Manis Enak

Resep Ayam Asam Manis Enak, pasti ibu-ibu di rumah sudah tahu masakan kuliner yang satu ini. Ayam asam manis merupakan salah satu olahan masakan ayam yang digoreng kemudian dilumuri dengan saus asam manis yang enak dan begitu menggugah selera makan kita semua. Rasa asam manis dalam ayam asam manis diperoleh dari air perasan jeruk nipis yang dipadukan dengan buah nanas segar serta sari buah jeruk manis yang membuat lidah kita bergoyang pastinya dengan rasa asam manisnya. Ayam asam manis paling pas adalah jika dimakan bersama dengan nasi hangat sebagai pendampingnya.




Resep Ayam Asam Manis Enak 
Masakan dengan bahan utama berupa daging ayam memanglah sudah sangat terkenal dan populer di negeri kita Indonesia ini. Selain dikarenakan dagingnya memiliki rasa yang enak dan cocok di lidah, daging unggas ayam ini juga terkenal dengan harganya yang murah dan terjangkau dibandingkan dengan daging hewan ternak lain seperti kambing, sapi atau lainnya. Daging ayam sendiri pun bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat dan nikmat, seperti yang akan kita pelajari bersama berikut yaitu Resep Ayam Asam Manis Enak.

Resep Ayam Asam Manis Enak

Resep Ayam Asam Manis memang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, oleh karenanya masakan ini banyak sekali kita jumpai di restoran serta kita bisa membelinya dengan mudah. Akan tetapi, ada baiknya jika kita sesekali mencoba meluangkan waktu untuk membuatnya sendiri. Selain untuk menambah wawasan kita tentang kuliner Indonesia, kita juga bisa menghemat pengeluaran kita agar tidak jajan di luar rumah, serta pasti ada kepuasan tersendiri jika kita bisa mengolah masakan dan memakannya sendiri, pasti ibu-ibu di rumah setuju dengan pendapat admin yang satu ini.

Baiklah, mungkin sudah cukup dengan sedikit kulasan tentang Resep Ayam Asam Manis Enak, sekarang mari kita pelajari bagaimana cara pembuatannya. Sebenarnya, cara pembuatan ayam asam manis tidaklah begitu sulit. Masakan yang enak inipun juga membutuhkan bahan yang banyak kita jumpai di pasar, jadi tidaklah sulit untuk kita mencari bahan tersebut.

Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk membuat Resep Ayam Asam Manis Enak ialah menyipakan bahan-bahannya terlebih dahulu kemudian berlanjut pada langkah-langkah yang harus kita lakukan, mari kita pelajari bersama resep ayam asam manis enak berikut:

Resep Ayam Asam Manis Enak
Bahan :
Bahan pokok:

  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 1 sdm Jeruk nipis yang telah diperas 1 sdm
  • 3 siung bawang putih
  •  300 ml Minyak goreng
  • Garam halus secukupnya

Bahan Saus Asam Manis

  • 2 siung bawang putih yang dimemarkan
  • 1/2 siung bawang bombay kemudian iris tipis
  • 1 ruas jari jahe 
  • 1/2 buah nanas dan potong kecil
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdm margarin 
  •  1 sdm gula pasir
  • Jeruk nipis, peras dan ambil airnya 1 sdm
  •  200 ml sari jeruk manis
  •  2 sdt tepung maizena kemudian larutkan dengan sedikit air
  • Kecap manis sesuai selera
  • Garam halus secukupnya

Cara Membuat Masakan Ayam Asam Manis :

  1. Siapkan daging ayam yang sudah bersih dari jeroan, kotoran dan bulu-bulu yang menempel pada kulit ayam juga sudah terpotong sampai beberapa bagian.
  2. Siapkan bawang putih yang dimemarkan, garam halus, dan air jeruk nipis yang sudah diperas sebelumnya kemudian campurkan dengan semua potongan daging ayam.
  3. Biarkan beberapa saat sekitar 20 menitan agar bumbunya meresap kemudian tiriskan.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian goreng ayam sampai masak dan tiriskan.

Cara membuat Saus Asam Manis :

  1. Siapkan irisan bawang putih dan bawang bombay lalu tumis bersama dengan margarin yang sudah dipanaskan sampai leleh.
  2. Masak sampai mengeluarkan aroma wangi.
  3. Tambahkan tumisan dengan garam halus, saring jeruk manis, air jeruk nipis, saus tomat dan jahe, aduk sampai tercampur rata semuanya.
  4. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan sebelumnya dengan sedikit air ke dalam tumisan dan aduk kembali sampai tercampur rata lalu biarkan mendidih.
  5. Siram tumisan dengan kecap manis, aduk merata dan masak sejenak lalu angkat.
  6. Ayam asam manis siap dihidangkan.
Cukup mudah bukan? rasa lelah ibu-ibu di rumah semua pasti terbayarkan dengan hasil yang memuaskandari ayam asam manis ini. Selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat amiiiin.
Kunjungi juga blok kami Ragam Masakan Nusantara untuk menambah wawasan tentang keaneragaman masakan indonesia. Sekian dan terimakasih :)

0 Response to "Resep Ayam Asam Manis Enak"

Post a Comment

wdcfawqafwef