Resep Sambal Bawang Enak Pedas

Resep Sambal Bawang Enak Pedas, bagi para pecinta masakan pedas atau pecinta sambal khususnya pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sambal bawang, ia benar sambal bawang adalah salah satu jenis sambal yang ada di negeri Indonesia ini. Dari asal katanya yaitu "sambal" dapat kita ketahui bahwa artinya ialah saus dengan bahan utama yang terbuat dari cabai atau dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti garam, terasi, dan lain-lainnya.

Sambal Bawang Enak Pedas


Berbicara tentang sambal, memang tidak sedikit dan mungkin hampir seluruh masakan Indonesia terdapat sambal apapun itu jenisnya dalam penyajiannya, entah itu berbentuk saos sambal, sambal bajak, sambal terasi, sambal goreng, atau sambal lain-lainnya. Sambal memang bukanlah makanan utama dalam penyajian sebuah hidangan, akan tetapi tidak adanya sambal terkadang malah membuat makanan yang kita nikmati terasa kurang lezat dan kurang lengkap rasanya.

Bagi sebagian besar orang, menyantap makanan tanpa kehadiran sambal akan membuat tidak nikmat, karena sambal merupakan magnet lidah yang bisa memberikan rasa tersendiri pada sebuah makanan. Di negeri kita Indonesia ini diam-diam sambal dipuja banyak pecinta kuliner yang tidak rela keberadaannya hilang di meja makan.


Sambal Bawang


Adapun jenis sambal yang ada diIndonesia ada banyak ragamnya, salah satunya seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu sambal terasi, sambal pecel, sambal bajak, dan lainnya. Untuk resep masakan Ragam Masakan Nusantara kali ini mari kita pelajari cara membuat salah satu jenis sambal, yaitu sambal bawang.

Resep Sambal Bawang Enak Pedas

Sudahkan anda semua mengenal sambal yang satu ini? sudahkah anda semua merasakan rasa sambal bawang? untuk resep kali ini admin akan mencoba bagikan tips dan Resep Sambal Bawang Enak Pedas. Adapun cara pembuatannya sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan bisa dikategorikan mudah untuk membuatnya. 

Hal pertama yang mesti dilakukan untuk membuat sambal bawang yang enak ialah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu kemudian berlanjut pada langkah-langkah pembuatannya. Sebenarnya ada variasi yang bisa kita buat tentang sambal bawang, tergantung selera masing-masing individu saja. Berikut mari kita pelajari bersama apa saja bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan sambal bawang serta apa saja langkah-langkah yang mesti kita lakukan.

Sambal Bawang Biasa 

Adapun yang dimaksud dengan sambal bawang biasa ialah jenis sambal bawang yang tidak menggunakan bahan lain sebagai tambahan dalam pembuatannya, bisa dibilang sambal bawang biasa merupakan dasar dari sambal bawang. Untuk membuat sambal bawang biasa ini, bahan-bahan yang perlu kita siapakan adalah sebagai berikut.
Bahan :
  • 10 biji cabe rawit berwarna merah.
  • 2 siung bawang putih sebanyak.
  • 3 siung bawang merah.
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya.
  • 1 sendok makan gula pasir atau bisa juga sesuai selera.
  • 2 sendok makan minyak sayur.
Setelah semua bahan-bahan sebagaimana di atas telah siap, berlanjut kepada langkah-langkah pembuatannya. Adapun langkah-langkah pembuatan sambal bawang biasa ini ialah sebagai berikut. 
Langkah-langkah Pembuatnnya :
  1. Siapkan ulekan dan cobet untuk mengulek sambal bawangnya
  2. Haluskan bahan-bahan seperti cabe rawit dan juga bawang putih dan merah.
  3. Tambahkan garam, gula dan penyedap ke dalam cabe yang telah diulek tadi.
  4. Setelah semua halus, masukkanlah gula pasir secukupnya dan kembali ulek hingga merata.
  5. Siramkan minyak sayur dalam keadaan panas ke dalam ulekan.
  6. Campur semua bahan agar merata sempurna menjadi satu.
  7. Sambal bawang biasa yang enak pedas siap disajikan.

Sambal Bawang Variasi 

Pada dasarnya ada ragam jenis sambal bawang yang bisa kita buat menyesuaikan selera masing-masing saja agar rasanya lebih enak lagi. Sebagai contohnya ialah sambal bawang pete, sambal bawang petis, sambal bawang ikan pukat, sambal bawang terasi, dan lain-lainnya. Berikut mari kita pelajari bersama pembuatan sambal bawang yang bervariasi, yakni sambal bawang petis yang dikenal memang enak rasanya.
Bahan :
  • 15 biji bawang merah dengan kualitas baik yang telah dibersihkan dan iris halus.
  • 3 sendok makan minyak sayur sebanyak.
  • 25 gram gula merah serut.
  • 2 sendok makan  air asam sebanyak (diperoleh dari campuran ais asam jawa sebanyak 1 sendok ditambah dengan air matang 2 sendok). 
Sedangkan bahan-bahan untuk bumbu halusnya ialah sebagai berikut:
  • 3 biji cabe merah.
  • 3 biji bawang merah.
  • 1 sendok teh petis bubuk.
  • 4 biji kemiri yang disangrai.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • Penyedap secukupnya jika diinginkan.
Setelah semua bahan-bahan sebagaiman di atas telah siap, berlanjut kepada langkah-langkah pembuatannya. Adapun langkah-langkah pembuatan sambal bawang petis ini ialah sebagai berikut. 
Langkah-langkah Pembuatnnya :
  1. Panaskan minyak sayur di wajan
  2. Mulailah menumis campuran semua bumbu halus, masak sampai aroma khasnya tercium.
  3. Setelah itu, masukkan bawang merah yang telah diiris bersama dengan air asam dan juga gula merah serut.
  4. Aduk-aduk terus hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Sambal bawang petis enak pedas siap disajikan.
Resep Sambal Bawang Enak Pedas cukup mudah bukan? patut untuk dicoba dan pasti akan menggoyang lidah ibu-ibu di rumah semua. Demikian Resep Sambal Bawang Enak Pedas yang dapat admin bagikan, selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat amiiin.

Jangan lupa kunjungi juga blog kami Ragam Masakan Nusantara untuk memperkaya pengetahuan kita tentang ragam masakan Indonesia, sekian dan sampai jumpa.

0 Response to "Resep Sambal Bawang Enak Pedas"

Post a Comment

wdcfawqafwef